Manajemen Sistem Informasi Publik (SOAL)

Untuk Postingan kali ini, saya akan berbagi soal UTS saya di semester 3 ini, dari mata kuliah Manajemen Sistem Informasi Publik yang diampu oleh dosen saya yang bernama Dr. Nanang Suparman, M.AB
Disini ada 5 soal yang diberikan mengenai beberapa bagian persoalan dari luasnya ruang lingkup mengenai Manajemen Sistem Informasi Publik.
Berikut Soal beserta Jawabannya menurut saya dan juga didukung dari referensi Internet dan sumber lainnya.

Pertanyaan :

1.      Mengapa perlu mempelajari Sistem Informasi Publik?
2.      Konsep-konsep yang berhubungan dengan Sistem Informasi Publik!
3.      Bagaimana penerapan teknologi informasi pada operasi di lembaga pemerintah dan swasta?
4.      Uraikan tentang anatomi komputer dilengkapi dengan gambarnya!
5.      Uraikan atau jelaskan tentang lemahnya data base kepegawaian!

Jawaban :

1.      Sistem Informasi Publik ini tentunya sangat perlu untuk dipelajari, karena sistem informasi publik ini berkaitan dengan kepentingan banyak orang, yang dimana sistem ini berarti suatu kesatuan yang dihubungkan bersama untuk memudahkan penyampaian informasi kepada masyarakat atau publik yang bisa memengaruhi suatu negara. Oleh karena itu, sistem informasi publik ini perlu dipelajari dengan benar dan tepat tentunya, agar kita dapat mengetahui apa saja informasi-informasi yang muncul & baru dan tentunya informasi tersebut merupakan informasi yang akurat kebenarannya. Karena, kebutuhan informasi yang semakin cepat, sistem informasi publik ini sekarang sudah memiliki peran yang strategik untuk mengikuti perkembangan zaman agar dengan mudahnya tercapai kepentingan-kepentingan publik secara efektif.

2.      Konsep yang berhubungan dengan sistem ini yaitu terdiri dari beberapa kumpulan yang saling berpengaruh, dan satu kesatuan. Konsep yang berhubungan dengan informasi ini yaitu data, & disampaikan untuk diterima. Konsep yang berhubungan dengan Publik yaitu ruang dan waktu, sekelompok orang & juga masyarakat luas. Jadi, Konsep-konsep yang berhubungan dengan sistem informasi publik ini beberapa diantaranya yaitu: 1. beberapa kumpulan yang saling berpengaruh, 2. satu kesatuan, 3. data. 4. disampaikan untuk diterima. 5. ruang & waktu, 6. sekelompok orang & 7. masyarakat luas.

3.      Penerapan teknologi informasi pada operasi di lembaga pemerintah dan swasta tentunya berjalan dengan lancar dan banyak keuntungan yang di dapatkan. Penerapan teknologi informasi di lembaga pemerintah berjalan dengan cukup baik, karena memudahkan dalam melaksanakan berbagai tugas yang dijalankan, diantaranya seperti pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat karena masyarakat bisa dengan mudah mengetahui apa saja kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan masyarakat pun dapat dengan mudah memberikan aspirasinya mengenai kebijakan yang dibuat tersebut, apakah setuju atau tidak. Lalu, lembaga pemerintah pun dapat dengan mudah saling bekerjasama dengan para pelaku bisnis dalam penyampaian informasi. Kemudian, dengan mudahnya masyarakat menyampaikan aspirasinya ini melalui teknologi informasi yang berkembang pesat, pemerintah pun bisa mempertimbangkan lagi kebijakan-kebijakan yang telah dibuatnya sehingga pelaksanaan pemerintahan yang dijalankan pun lebih efisien. 
Penerapan teknologi informasi di lingkungan swasta pun cukup untuk dikatakan baik. Karena, penerapan teknologi informasi yang baik ini berjalan dengan beragam keuntungan yang bisa didapatkan yang bisa memungkinkan untuk sektor swasta ini meraih keunggulan, diantaranya biaya yang lebih rendah, penciptaan produk baru, dan responsif terhadap pelanggan, yang dimana pelanggan disini dapat menyampaikan saran yang dapat dengan mudahnya disampaikan kepada perusahaan terkait yang bisa dipertimbangkan oleh perusahaan atau swasta terkait untuk lebih memajukan dan terus memperbaiki kinerjanya.

4.      Anatomi komputer adalah letak bagian-bagian atau alat-alat yang bersatu membentuk suatu sistem yang bekerja untuk memasukkan, mengolah dan menghasilkan suatu data. Anatomi komputer ini terdiri dari Hardware, Software & Brainware.
    Hardware itu berarti perangkat keras yang dapat disentuh dan dilihat dengan kasat mata. Hardware ini juga terdiri dari Inputnya salahsatunya yaitu Keyboard yang berfungsi untuk membantu memasukkan perintah yang dilakukan oleh user, Prosesnya salahsatunya yaitu CPU ini terdiri dari banyak komponen-komponen didalamnya diantaranya ada harddisk, mainboard, dsb yang keseluruhannya berfungsi untuk menerima dan melaksanankan perintah dan data yang dari perangkat lunak & juga Outputnya salahsatunya yaitu Monitor yang berfungsi untuk menampilkan program-program ataupun aplikasi-aplikasi, informasi ataupun data dari komputer kita.
   Software itu berarti perangkat lunak yang berarti program-program yang ada di komputer yang bisa dilihat tetapi tidak berwujud fisik otomatis tidak bisa disentuh. Contoh dari Software ini diantaranya yaitu Windows & Microsoft Office.
    Brainware itu berarti orang yang mengoperasikan komputer atau orang yang menggunakan teknologi komputer ini.








 5.      Lemahnya database kepegawaian ini tentunya penyebab terbesarnya itu disebabkan oleh pihak operatornya atau manusianya yang mengoperasikan sistem informasi para pegawai yang ada, karena banyak kemungkinan yang terjadi yang diakibatkan oleh brainwarenya dibandingkan software dan hardwarenya. kelemahan-kelemahan yang terjadi diantaranya yaitu yaitu operator yang kurang profesional dalam memasukkan data-data para pegawai ataupun kurang ahli dibidangnya, bisa juga karena para pegawai yang tidak menyesuaikan data yang diminta dengan data yang diberikan, artinya perlunya operator yang handal dan profesional untuk melakukan database kepegawaian ini agar jelas dan tepat serta akurat informasi yang akan di input ke database tersebut.



Comments

Popular posts from this blog

Problematika Hadits Sebagai Dasar Tasyri'

Resume Buku Metode Penelitian Sosial

Apa sih "Analisis SWOT" itu?