Apa sih "Analisis SWOT" itu?

Di Postingan kali ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan menegenai Apa sih "Analisis SWOT" itu?
Saya mempelajari mengenai Analisis SWOT ini ketika masa putih abu-abu hehehe...
Saya dari Jurusan Pemasaran di SMKN 3 Bandung, Jadi, saya banyak mempelajari kelimuan dan pengetahuan tentang Marketing dan ruang lingkupnya tentu.

Berikut pemaparan singkat mengenai Analisis SWOT:

Analisis SWOT ini sangat luas cakupannya, dan dalam dunia marketing, Analisis SWOT ini sangat penting digunakan dalam khususnya sebuah perusahaan dan sejenisnya. Menganalisis sesuatu dalam membangun perusahaan penting dilakukan untuk mengetahui prospek kedepannya akan berjalan baik kah perusahaan ini atau malah sebaliknya.

Salah satu teknik dalam menganalisis yang digunakan untuk sebuah perusahaan yaitu Analisis SWOT.

S    : Strenght (Kekuatan)
Yang dimaksud dengan kekuatan disini ialah, kekuatan yang dimana berasal dari dalam perusahaan itu sendiri. Kekuatan ini sangat penting untuk dianalisis untuk mengetahui kekuatan apa yang perusahaan punya, yang dimana dapat bersaing di pasaran dengan kekuatan yang perusahaan miliki sedangkan perusahaan lain tidak memilikinya. Seperti, produk yang kita jual memiliki kemasan yang mudah dibawa juga lebih hemat dibandingkan produk lain dipasaran dengan kualitas yang tak kalah bermutu.

W  : Weakness (Kelemahan)
Yang dimaksud dengan kelemahan disisni ialah, kelemahan yang dimana berasal dari dalam perusahaan itu sendiri. Kelemahan ini sangat penting untuk dianalis untuk mengetahui kelemahan apa yang perusahaan punya, yang dimana dapat menjadi faktor tidak akan berkembangnya perusahaan tersebut, atau bisa juga ketika perusahaan sudah terkenal di pasaran sebentar saja, lalu dengan mudahnya bangkrut dan lain sebagainya. Jadi, analisis kelemahan ini harus sangat diperhatikan dampak untuk kedepannya dan bagaimana solusinya untuk kelemahan yang perusahaan miliki. Seperti, produk yang akan kita jual cepat basi, jadi bila tidak cepat terjual banyak, akan cepat mengalami kerugian.

O  : Oppurtunity (Peluang)
Yang dimaksud dengan peluang disini ialah, peluang yang dimana berasal dari luar perusahaan. Peluang ini sangat penting untuk dianalisis karena ketika kita akan mendirikan suatu perusahaan tentunya kita harus melihat apa-apa saja peluang yang ada bila kita membuka perusahaan ini, apakah dapat menjamin untuk prospek kedepannya atau hanya sedikit peluang yang muncul yang bila perusahaan tersebut tetap didirikan malah menimbulkan kerugian.Oleh karena itu penting untuk menganalisis  dahulu peluang-peluang yang ada di luar perusahaan kita seperti apa. Seperti, belum adanya produk yang akan kita jual di lingkungan sekitar, sedangkan masyarakat setempat banyak yang membutuhkan produk itu.

T   : Threat (Ancaman)
Yang dimaksud dengan ancaman disini ialah, ancaman yang dimana berasal dari luar perusahaan. Ancaman ini sangat penting untuk dianalisis karena dengan adanya kelemahan yang telah ada di dalam perusahaan pun sudah harus segera diatasi, apalagi ini ancaman yang datangnya dari luar perusahaan yang bisa membuat perusahaan kita terancam sulit untuk dikembangkan. Seperti terlalu banyaknya pesaing yang serupa yang lebih unggul dari perusahaan yang kita dirikan.

Sekian pemaparan mengenai Apa sih "Analisis SWOT" itu?
Semoga teman-teman semua dapat memahaminya dan bisa menjadi tuangan yang positif.
Mohon maaf bila ada kesalahan, bisa komentar untuk pembelajaran kedepannya lebih baik lagi.
Terima Kasih.
~Semoga Bermanfaat~

Comments

Popular posts from this blog

Problematika Hadits Sebagai Dasar Tasyri'

Resume Buku Metode Penelitian Sosial